Kamis, 23 Agustus 2012

Syarat Mengikut Yesus

REQUIREMENT TO FOLOW JESUS

Sebenernya apa sih syarat-syarat mengikut Yesus???
Banyak tanggapan yang berbeda-beda dari setiap orang mengenai mengikut Yesus.. Ada yang bilang mengikut Yesus itu mudah, cuma percaya terus diselamatkan, ada juga yang bilang mengikut Yesus itu sulit, banyak aturan, banyak perintah,pokokya ga enak deh, diatur-atur... Jadi bingung deh...haha.. Jangan bingung, mari back to BIBLE!!!
Mengikut Yesus ada syarat-syaratnya, yaitu :

Lukas 9 : 23
Kata-Nya kepada mereka semua: "Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya setiap hari dan mengikut Aku.

Luke 9 : 23
And He said to all, If any person wills to come after Me, let him deny himself [ disown himself, forget, lose sight of himself and his own interests, refuse and give up himself] and take up his cross daily and follow Me [ cleave steadfastly to Me, conform wholly to My example in living and, if need be, in dying also].

1. MENYANGKAL DIRI
Menyangkal diri berarti tidak mengikuti keinginan daging kita lagi, kebiasaan-kebiasaan (yang tidak Tuhan sukai) yang kita sukai kita tinggalkan.

Roma  8 : 7
Sebab keinginan daging adalah perseteruan terhadap Allah, karena ia tidak takluk kepada hukum Allah; hal ini memang tidak mungkin baginya.

Nah, ga mau berseteru dengan Allah kan??
Terus gimana biar kita ga mengikuti keinginan daging??
  1. Komitmen yang SUNGGUH untuk meninggalkan dosa-dosa kita.
  2. Tetaplah Berdoa, minta pertolongan kekuatan dari Tuhan, karena tanpa Tuhan kita ga akan sanggup melawan keinginan daging kita.
  3. Jangan mencobai cobaan. Maksudnya??? Kita tidak coba-coba untuk bertarung melawan cobaan itu, for example : Orang yang jatuh dalam dosa perzinahan lewat mata (Pornografi) dan berhalusinasi dengan dirinya sendiri, nah dia udah komitmen untuk meninggalkan dosa itu, tapi dia coba-coba buat ngetes apa dia bisa menang melawan dosa itu, akhirnya dia coba-coba buat melihat hal yang tidak seharusnya dia lihat, akhinya dia kembali jatuh dalam dosa itu.
  4. Terus mengingat bahwa Tuhan itu selalu ada bersama kita.
  5. Peka terhadap suara Roh Kudus!!!!!!! Caranya : Tetap menjalin hubungan yang intim dengan Tuhan!
2.  MEMIKUL SALIB
Memikul salib bukan berarti kita bawa salib kemana-mana, tapi kita mau menderita buat Kristus.

Filipi 1 : 9
Sebab kepada kamu dikaruniakan bukan saja untuk percaya kepada Kristus, melainkan juga untuk menderita untuk Dia,

Aduuuhhh... Susah banget sih buat ikut Tuhan, masa harus menderita?? Bukannya seneng-seneng???
Saudara yang terkasih, INGAT bahwa setiap kita adalah orang yang BERDOSA! kita itu BUDAK DOSA! tapi Tuhan kita YESUS KRITUS sudah menyelamatkan setiap kita, kita bukan lagi hamba dosa, tapi kita orang-orang yang merdeka. kita ga perlu membayar dosa kita dengan kebaikan-kebaikan kita, karena kebaikan kita ga bisa dibandingkan dengan dosa kia yang SANGAT BANYAK!
Selain itu, Tuhan Yesus sudah lebih dulu menderita bagi kita.

Kisah Para Rasul 3 : 18
Tetapi dengan jalan demikian Allah telah menggenapi apa yang telah difirmankan-Nya dahulu dengan perantaraan nabi-nabi-Nya, yaitu bahwa Mesias yang diutus-Nya harus menderita.

Bener kan?? Untuk penggenapan firman Tuhan. Yesus Kristus sudah menderita bagi kita, tapi....

Roma 8 :17
Dan jika kita adalah anak, maka kita juga adalah ahli waris, maksudnya orang-orang yang berhak menerima janji-janji Allah, yang akan menerimanya bersama-sama dengan Kristus, yaitu jika kita menderita bersama-sama dengan Dia, supaya kita juga dipermuliakan bersama-sama dengan Dia.

So, ga pelu takut untuk menderita untuk Yesus, karena pada saatnya nanti, Tuhan akan memberikan mahkota kehidupan bagi setiap kita dan kita akan dipermuliakan bersama-sama dengan Dia.

3. MENGIKUT YESUS
Mengikut Yesus bukan cuma datang kegerja, ibadah yang akhirnya menjadi rutinitas, tapi menjadikan Yesus yang terutama dalam hidupnya!!

God Bless... :)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar